Sabtu, 04 Februari 2017

Kisi-Kisi Soal UAMBN 2017 Materi SKI Kelas IX

KISI-KISI UJI AN AKHIR MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL (UAMBN)
TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Jenis Madrasah         : Madrasah Tsanawiyah             Bentuk Tes               : Pilhan Ganda
Mata Pelajaran          : SKI                                          Jumlah soal               : 50 butir
Kurikulum                : 2013                                       Alokasi Waktu         : 90 menit 

Kelas  IX

NO.
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR
Semester 1

19 Memahami sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui Perdagangan Sosial, dan Pengajaran. 
Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, danpengajaran.
Mengidentifikasi salah satu bukti masuknya Islam ke Indonesia


Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, danpengajaran.
Mengidentifikasi cara-cara masuknya Islam ke Indonesia.  


Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran.
Mengindentifikasi faktor-faktor berkembangnya Islam di Indonesia.  
20
Memahami sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.
Sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.
Mengidentifikasi salah satu bukti adanya kerajaan Samudra Pasai.  

 
Sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. 
  Mengidentifikasi peranan penting dari Kerajaan Malaka. 


Sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.
Mengidentifikasi latar belakang berdirinya Kerajaan Aceh. 


Sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. 
Mengidentifikasi peranan kerajaan Demak dalam penyebaran agama Islam. 


  Sejarahkerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. 
Mengidentifikasi latar belakang berdirinya kerajaan Banten. 


  Sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. 
Mengidentifikasi latar belakang berdirinya kerajaan Mataram.  


  Sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. 
Mengidentifikasi latar belakang berdirinya kerajaan Gowa-Tallo.     


 Sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.
Mengidentifikasi faktor-faktor berdirinya Kerajaan Ternate dan Tidore.
21
Memahami biografi para tokoh dan perannya dalam mengembangkan Islam di Indonesia (Walisongo, Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan, dan K.H. Hasyim Asy‘ari). 
Biografi para tokoh dan perannya dalam mengembangkan Islam di Indonesia (Walisongo, Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad alBanjari, K.H. Ahmad Dahlan, dan K.H. Hasyim Asy’ari.
Mengidentifikasi peran Abdul Rauf Singkel dalam perkembangan Islam di Indonesia.


Biografi para tokoh dan perannya dalam mengembangkan Islam di Indonesia (Walisongo, Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad alBanjari, K.H. Ahmad Dahlan, dan K.H. Hasyim Asy’ari
Mengidentifikasi tokoh-tokoh WaliSongo. 


Biografi para tokoh dan perannya dalam mengembangkan Islam di Indonesia (Walisongo, Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad alBanjari, K.H. Ahmad Dahlan, dan K.H. Hasyim Asy’ari.
Mengidentifikasi peran salah satu tokoh dalam perkembangan Islam di Indonesia.


  Biografi para tokoh dan perannya dalam mengembangkan Islam di Indonesia (Walisongo, Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad alBanjari, K.H. Ahmad Dahlan, dan K.H. Hasyim Asy’ari.
Mengidentifikasi perilaku baik yang dapat diteladani dari para Walisongo.
22
Memahami semangat perjuangan Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy‘ari dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.
Semangat perjuangan Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad AlBanjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy‘ari dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.
Mengidentifikasi perilaku baik yang dapat diteladani dari tokoh Abdul Rauf Singkel.


Semangat perjuangan Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad AlBanjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy‘ari dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.
Mengidentifikasi perilaku baik yang dapat diteladani dari tokoh Muhammad Arsyad al- Banjari.  
Semester 2
23
Menceritakan seni Budaya lokal sebagai bagian dari tradesi Islam. 
Seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam.
Mengidentifikasi pengertian tradisi Islam Nusantara. 
24
Memahami bentuk seni budaya lokal (Wayang, Kasidah, dan Hadrah). 
Seni budaya lokal (Wayang, Kasidah, dan Hadrah).
Mengidentifikasi salah satu contoh kesenian dan adat Nusantara.


Seni budaya lokal (Wayang, Kasidah, dan Hadrah).
Mengidentifikasi pengertian akulturasi.
25
Memahami bentuk tradisi umat Islam (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura). 
Tradisi umat Islam (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura).
Mengidentifikasi salah satu contoh seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam.


  Tradisi umat Islam (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura).
Mengidentifikasi bentuk apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara.
26
Membandingkan nilai-nilai tradisi umat Islam (di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura). 
Mengidentifikasi nilainilai tradisi umat Islam (di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura).
Mengidentifikasi keterkaitan budaya lokal dengan tradisi Islam di Indonesia. 

 
Mengidentifikasi nilainilai tradisi umat Islam (di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura).
Mengidentifikasi contoh tradisi dan kesenian adat yang bercorak Islam.


Mengklasifikasi nilai-nilai tradisi umat Islam (di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura).
   Mengidentifikasi contoh atau  bentuk tradisi Islam yang berkembang di Indonesia

3 komentar: