KISI-KISI UJI AN AKHIR MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL (UAMBN)
TAHUN PELAJARAN 2016-2017
Jenis Madrasah :
Madrasah Tsanawiyah Bentuk
Tes : Pilhan Ganda
Mata Pelajaran :
SKI Jumlah soal :
50 butir
Kurikulum : 2013 Alokasi Waktu :
90 menit
Kelas IX
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
Semester 1
|
|||
|
19 Memahami sejarah masuknya Islam di
Nusantara melalui Perdagangan Sosial, dan Pengajaran.
|
Sejarah masuknya Islam di Nusantara
melalui perdagangan, sosial, danpengajaran.
|
Mengidentifikasi salah satu bukti masuknya
Islam ke Indonesia
|
|
|
Sejarah masuknya Islam di Nusantara
melalui perdagangan, sosial, danpengajaran.
|
Mengidentifikasi cara-cara masuknya Islam
ke Indonesia.
|
|
|
Sejarah masuknya Islam di Nusantara
melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran.
|
Mengindentifikasi faktor-faktor berkembangnya
Islam di Indonesia.
|
20
|
Memahami sejarah kerajaan Islam di Jawa,
Sumatera, dan Sulawesi.
|
Sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera,
dan Sulawesi.
|
Mengidentifikasi salah satu bukti adanya
kerajaan Samudra Pasai.
|
|
|
Sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera,
dan Sulawesi.
|
Mengidentifikasi
peranan penting dari Kerajaan Malaka.
|
|
|
Sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera,
dan Sulawesi.
|
Mengidentifikasi latar belakang berdirinya
Kerajaan Aceh.
|
|
|
Sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera,
dan Sulawesi.
|
Mengidentifikasi peranan kerajaan Demak
dalam penyebaran agama Islam.
|
|
|
Sejarahkerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.
|
Mengidentifikasi latar belakang berdirinya
kerajaan Banten.
|
|
|
Sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.
|
Mengidentifikasi latar belakang berdirinya
kerajaan Mataram.
|
|
|
Sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.
|
Mengidentifikasi latar belakang berdirinya
kerajaan Gowa-Tallo.
|
|
|
Sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera,
dan Sulawesi.
|
Mengidentifikasi faktor-faktor berdirinya
Kerajaan Ternate dan Tidore.
|
21
|
Memahami biografi para tokoh dan perannya
dalam mengembangkan Islam di Indonesia (Walisongo, Abdurrauf Singkel,
Muhammad Arsyad al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan, dan K.H. Hasyim Asy‘ari).
|
Biografi para tokoh dan perannya dalam
mengembangkan Islam di Indonesia (Walisongo, Abdurrauf Singkel, Muhammad
Arsyad alBanjari, K.H. Ahmad Dahlan, dan K.H. Hasyim Asy’ari.
|
Mengidentifikasi peran Abdul Rauf Singkel
dalam perkembangan Islam di Indonesia.
|
|
|
Biografi para tokoh dan perannya dalam mengembangkan
Islam di Indonesia (Walisongo, Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad alBanjari,
K.H. Ahmad Dahlan, dan K.H. Hasyim Asy’ari
|
Mengidentifikasi tokoh-tokoh
WaliSongo.
|
|
|
Biografi para tokoh dan perannya dalam
mengembangkan Islam di Indonesia (Walisongo, Abdurrauf Singkel, Muhammad
Arsyad alBanjari, K.H. Ahmad Dahlan, dan K.H. Hasyim Asy’ari.
|
Mengidentifikasi peran salah satu tokoh
dalam perkembangan Islam di Indonesia.
|
|
|
Biografi para tokoh dan perannya dalam
mengembangkan Islam di Indonesia (Walisongo, Abdurrauf Singkel, Muhammad
Arsyad alBanjari, K.H. Ahmad Dahlan, dan K.H. Hasyim Asy’ari.
|
Mengidentifikasi perilaku baik yang dapat
diteladani dari para Walisongo.
|
22
|
Memahami semangat perjuangan Abdurrauf
Singkel, Muhammad Arsyad Al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim
Asy‘ari dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.
|
Semangat perjuangan Abdurrauf Singkel,
Muhammad Arsyad AlBanjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy‘ari dalam
menyebarkan agama Islam di Indonesia.
|
Mengidentifikasi perilaku baik yang dapat
diteladani dari tokoh Abdul Rauf Singkel.
|
|
|
Semangat perjuangan Abdurrauf Singkel,
Muhammad Arsyad AlBanjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy‘ari dalam
menyebarkan agama Islam di Indonesia.
|
Mengidentifikasi perilaku baik yang dapat
diteladani dari tokoh Muhammad Arsyad al- Banjari.
|
Semester 2
|
|||
23
|
Menceritakan seni Budaya lokal sebagai
bagian dari tradesi Islam.
|
Seni budaya lokal sebagai bagian dari
tradisi Islam.
|
Mengidentifikasi pengertian tradisi Islam
Nusantara.
|
24
|
Memahami bentuk seni budaya lokal (Wayang,
Kasidah, dan Hadrah).
|
Seni budaya lokal (Wayang, Kasidah, dan
Hadrah).
|
Mengidentifikasi salah satu contoh
kesenian dan adat Nusantara.
|
|
|
Seni budaya lokal (Wayang, Kasidah, dan
Hadrah).
|
Mengidentifikasi pengertian akulturasi.
|
25
|
Memahami bentuk tradisi umat Islam (Jawa,
Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura).
|
Tradisi umat Islam (Jawa, Sunda, Melayu,
Bugis, Minang, Madura).
|
Mengidentifikasi salah satu contoh seni
budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam.
|
|
|
Tradisi umat Islam (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura).
|
Mengidentifikasi bentuk apresiasi terhadap
tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara.
|
26
|
Membandingkan nilai-nilai tradisi umat
Islam (di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura).
|
Mengidentifikasi nilainilai tradisi umat
Islam (di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura).
|
Mengidentifikasi keterkaitan budaya lokal
dengan tradisi Islam di Indonesia.
|
|
|
Mengidentifikasi nilainilai tradisi umat
Islam (di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura).
|
Mengidentifikasi contoh tradisi dan
kesenian adat yang bercorak Islam.
|
|
|
Mengklasifikasi nilai-nilai tradisi umat
Islam (di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura).
|
Mengidentifikasi
contoh atau bentuk tradisi Islam yang berkembang
di Indonesia
|
assalamualaikum
BalasHapuspak saya aisyah putri 93:-)
pak ini kisi" soal UAMBN buat tahun ini kan??
BalasHapusPak Saya Rohimah Kelas 93
BalasHapusGood Job Pak👍:)