A. Esensi Pendekatan Ilmiah/Saintifik
Dalam pendekatan atau proses kerja yang memenuhi kriteria ilmiah, dengan mengedepankan pnenalaran
induktif (memandang fenomena atau situasi spesifik untuk kemudian menarik kesimpulan secara
keseluruhan
B. Kriteria Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran
1. Materi pembelajarn berbasis pada fakta/ fenomena yang dapat dijelaskan dengan logika/penalaran
2. Penjelasan guru, respon siswa, dan interaksi siswa dan guru terbebas dari penalaran yang
menyimpang, dan pemikiran subyektif.
3. Mendorong dan menginspirasi siswa berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam mengindentifikasi,
memahami, memecahkan masalah,dan mengaplikasikan materi pembelajaran
4. Mendorong dan menginspirasi siswa agar mampu berpikir hipotetik dalam melihat perbedaan,
kesamaan, dan tautan satu sama lain dari materi pembelajaran.
5. Mendorong dan menginspirasi peserta agar mampu memahami, menerapkan, dan mengembangkan
pola berfikir yang rasional dan obyektif dalam merespon materi pembelajaran.
6. Berbasis pada konsep, teori, dan fakta empiris yang dapat dipertanggungjawabkan
7. Tujuan pembelajaran dirumuskan secara sederhana dan jelas, namun menarik dalam penyajiannya.
C. Langkah-langkah Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik
1. Mengamati (observing)
2. Menanya (questioning)
3. Pengumpulan data exsperimenting/exsplore)
4. Mengasosiasi (associating)
4. Mengkomunikasikan (communicating)
(Sumber : Bahan Ajar PLPG Implementasi Kurikulum 2013)
0 komentar:
Posting Komentar